Apk; Apa dan Bagaimana Menginstalnya

Apa File APK Itu?

Android Package atau yang disingkat dengan APK adalah sebuah paket aplikasi pada Android. Sesuai dengan kepanjangannya yaitu “Android Package” yang artinya  “Paket Android”, coba kita lihat kenapa bisa disebut paket, kenapa bukan file?. Tapi sebelum itu kita bahas dulu yang mudah-mudah. Jika kita kaitkan dengan lainnya, File APK itu mirip dengan file Zip.


Jika pada file Zip terdapat istilah Compress dan ekstrak, maka ada istilah yang sama juga di file Apk yaitu Compile dan Decompile tapi kita tidak membahas ini.

Beberapa hal pasti muncul dalam pikiran Anda ketika saya menyebutkan bahwa file APK itu mirip dengan ZIP, “apa kita dapat dengan sangat mudahnya mengedit sebuah aplikasi hanya dengan mengekstrak saja” dan jawabannya tidak. Tapi jika Anda sudah menguasai beberapa ilmunya itu sangat mudah bagi Anda.

Dari Mana Kita Mendapatkan File APK?

Saat mendownload sebuah aplikasi di Play Store maka Anda tidak akan tahu dimana file apk nya?, pertanyaan ini muncul ketika saya mengenal file apk lalu saya bingung ketika mendownload aplikasi lewat playstore, dimana file apknya?, karena tanpa apk kita tidak bisa mengirimkan aplikasi. Nah sejumlah aplikasi mungkin dapat membantu, selain itu Anda juga bisa menemukannya didirektori data/app. Kenal lebih jauh yuk.

Structure file APK

Kembali lagi ke file zip, pada file zip pasti terdapat sebuah file. Nah sama seperti file apk, file ini memiliki sebuah file yang menjadi sebuah fondasi dalam sebuah apk. 
Beberapa structurenya antara lain:
  1. AndroidManifest.xml : Di file xml ini terdapat sebuah deskripsi dari berbagai perintah dan informasi file lainnya. Maksud lebih jelasnya ini sebagai sebuah pemerintahaan dalam sebuah Negara.
  2. Build.xml : Ini adalah sebuah script ant yang tugasnya mengcompile dan menginstalnya dalam device sobat.
  3. Bin/ : Disini terdapat hasil apk sobat
  4. Res/ : Disinilah letak berbagai sumber komponen, seperti GUI, User Interface, Layout, string gambar dan lain-lain, bisa dibilang ini salah satu yang terpenting juga dalam sebuah aplikasi.
  5. src/ : Inilah tempat Activity, direktori inilah yang menjadi sumber class Activity. Ibaratnya Class Activity itu menjadi sebuah aktivitas. Misalnya saat kita menekan sebuah tombol, maka jaringan data akan aktif.
  6. Assets/: Memuat file static yang dikemas dalam aplikasi untuk device.

Sumber: http://androdoctor.blogspot.com/2013/01/mengenal-file-apk-android.html

Cara Instal File Apk
Untuk memainkan sebuah game di HP android, hal yang harus kita lakukan adalah menginstall gamenya terlebih dahulu. Nah untuk itulah, di post kali ini saya akan menerangkan bagaimana cara menginstall game android yang data gamenya didownload secara terpisah dari handphone android anda. Secara, data game rata-rata ukurannya gede-gede, tidak kuat kalo harus download di Hape terus pake paket quota. Dan kalo di langsung didownload di HP, saat mendownload suka koneksi terputus dan mengulanginya lagi dari awal. Jadi mau nggak mau harus download terpisah.

#  Ada 2 macam data game yang biasa kita download.


  1. Data game yang berupa folder yang berisi file-file lengkap (berupa data-data file seperti texture, gambar-gambar dll)
  2. Data game yang berupa folder berisikan file berjenis Obb.

Cara Install game dengan data (nomor 1)


  1. Download Apk+data game
  2. Install Apk
  3. Extract Data Game (biasanya berjenis zip, rar)
  4. Hasil extract tadi beserta folder(biasanya berawalan nama com.) disimpan di "SD Card/Android/data/---" 

Cara Install game dengan data Obb (nomor 2)

  1. Download Apk+data game
  2. Install Apk
  3. Hasil extract tadi beserta folder(biasanya berawalan nama com.) disimpan di "SD Card/Android/Obb/---" 
  4. Jalankan game dengan mode offline

Catatan
  • Game tidak akan jalan jika adanya ketidakcocokan antara versi apk dan versi data game. Versi-versi tersebut disesuaikan biasanya berdasarkan GPU / Ukuran layar / Processor yang digunakan.
  • Jadi sebelum anda mendownload sebuah game, lebih baik anda kenali terlebih dahulu spesifikasi handphone yang anda gunakan
Sumber: http://ujangyoyo.blogspot.com/2013/03/cara-install-game-di-android.html

Sederhananya, jika Anda tidak ingin download sebuah aplikasi dari play store (misalnya) yang langsung menginstall pada perangkat Anda, bisa Anda download dulu Apk-nya lewat PC, kemudian mengcopy ke perangkat Android Anda.
Anda bisa kapan saja menginstallnya pada perangkat Android Anda.
Apk; Apa dan Bagaimana Menginstalnya.